jump to navigation

Meraba Dipisahkannya Jaringan KTM dan Bajaj Auto Indonesia 11 Desember 2011

Posted by ya2kzzz in ATPM.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Uups..ternyata duke mau dipasarkan sendiri..oleh KTM…sekelumit berita yang saya kunyah disini. Kabar datangnya duke memang sudah banyak dibicarakan, motor besutan KTM austria ini memang mempesona..ya walaupun dengan kubikasi yang nanggung yaitu 200cc yang sudah saya omongkan disini, tapi dengan cc nanggungnya ternyata duke200 mempunyai potensi yang luar biasa.body sintal diikuti mesin liar…dengan kemampuan memuntahkan power sebesar 18 kW (24 hp) @ 10500 rpm dan Torsi 20Nm @6500 rpm.

Tapi saya disini bukan curhat keindahan body dan keberingasan mesin duke..tapi sehubungan dengan berita yang saya kunyah tadi…,dengan mempunyai pemasaran sendiri apakah merupakan strategi yang tepat??menurut saya..dengan memasarkan sendiri tentu KTM harus bekerja keras bahkan bisa dibilang kerja rodi bro…membuat jaringan distribusi sendiri, otomatis tidak hanya dengan menjentikkan jari begitu saja langsung jadi..langkah ini tentu membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit…pembuatan jaringan baru tidak hanya kesiapan masalah fisik seperti dealer dan sparepart…karena kan bukan jualan motor saja..tapi layanan purna jualnya juga harus disiapkan kan bro…kalau sekedar jualan lewat internet pun saya duke laku bro…selain kesiapan fisik, kesiapan non fisik seperti management dan marketing force sangat penting dalam penetrasi pasaran yang sekarang didominasi merk jepang yang sudah sangat mengakar disini. Kesiapan segi fisik dan non fisik tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain..dan saling mengisi..kesiapan jaringan yang baik tetapi tidak diimbangi dengan management dan marketing yang baik tentu hasilnya nggak maksimal..begitu pun sebaliknya, kesiapan management dan marketing yang baik tapi tidak ditunjang dengan kesiapan fisik atau 3s juga malah bisa mengecewakan konsumen…Bisa dibilang membutuhkan kesungguhan yang sangat luar biasa untuk membereskan hal2 diatas..saya berharap nama besar KTM sebagai salah satu merk ternama di dunia tidak tercoreng dengan kurang siapnya jaringan pemasaran dan after salesnya di indonesia..

Setiap ngomongin masalah kekurangan pasti tersimpan kebaikan atau hal positifnya juga..dengan dipisahkannya pemasaran duke tentunya brand KTM bisa lepas dari bayangan BAI, kita tahu dulu isu tentang sulitnya sparepart bajaj sering dibicarakan..nah ini bisa jadi bomerang bagi BAI yang mendatangkan duke…image sudah tertanam mau gimana lagi…walaupun saham bajaj mendomonasi di KTM tapi lepasnya bayangan BAI yang saya maksud adalah KTM sebagai merk eropa bisa menanamkan imagenya sendiri sebagai brand papan atas dunia..dan menjadikan suatu prestis tersendiri bagi duke…kita analogikan seperti pada mobil lexus dan toyota..tapi brand lexus prestisnya lebih mengena..walaupun brand lexus dan toyota sama saja cuman beda daerah pemasaran saja.. Ya padahal produksi sama2 dipabrik toyota CMIIW..nah kesan prestis dengan merk2 eropa ini pun harusnya bisa diterapkan juga pada duke sebagai brand eropa..ya walaupun BAI yang mendatangkannya…singkatnya rasa eropa dengan harga yang bersahabat dari BAI,,+ diikuti dengan kualitas yang terjamin donk..mangtaafff…
Satu lagi, dengan berdiri sendiri tentunya penjualan produk bajaj nggak akan terganggu..meskipun kedepannya nanti BAI mendatangkan produk2 bajaj dengan fitur dan harga yang sama…masih inget penampakan spyshoot..??belum jelas juga kan dengan spec yang seperti apa..bisa saja kan produk tersebut ngaspal di indonesia..kan bisa jadi teman bertarung juga bagi BAI menaklukkan pasaran jepang…sebagai saudara angkat..bukan sebagai saingan..bajaj laku…duke laku….joozzz…
Itu lah sekelumit dari saya semoga berguna..🙂

Komentar»

1. mas wahyu - 11 Desember 2011
Ya2kzzz - 11 Desember 2011

ok..sip..

2. nsx125 - 11 Desember 2011

hmmmm
kalo soal penjualan terganggu
kayaknya kalo udah sampe tahap penanaman saham
itu udah diatur om sama pihak bajaj dan KTM, jadi mudah2an enggak ada produk KTM sama bajaj yang saling makan
nah kalo soal dipisah menejemen dsb
kayaknya enggak juga om
dalam artian kalo memang dipisah pihak KTM tidak perlu melakukan penanaman saham ke bajaj, lebih baik langsung berdiri sendiri
karena tujuan dari penanaman saham disini
kemungkinan artinya pihak KTM menyerahkan sahamnya ke bajaj untuk di menejemen oleh pihak bajaj, dan untuk mengefisienkan dana saham yang diberikan sepertinya pihak bajaj akan membuat KTM duke tetap dalam lingkup bajaj yang tidak akan dipisah
dan satu lagi penanaman saham dari pihak KTM ke bajaj sendiri
sebenarnya juga bertujuan untuk meningkatkan profit dari bajaj juga (lumrah dalam dunia saham) jadi seandainya ada pemisahan menejemen, atau bahkan gedung
hal tersebut sepertinya hanya akan membuat dana investasi yang hasilnya tidak akan pernah bajaj rasakan profitnya, (seperti kerja bakti) karena dana investasi banyak keluar untuk membuat sarana dan prasarana KTM sendiri,
malah image bajaj pun tidak akan terangkat di masyarakat awam
karena dikira seperti tidak ada hubungan kerja

CMIIW:mrgreen:

titip anu ya om
http://nsx125.wordpress.com/2011/12/10/kereta-api-aspal-bikin-ngelus-dada/#comment-710

Ya2kzzz - 11 Desember 2011

betul bro sudah jadi saudara angkat so jadinya nggak saling makan lagi tapi saling dukung..🙂
mangtafff penjelasannya..tapi masalah pemisahan diatas bukan management KTM dan Bajaj dipusatnya sana bro..tapi management pemasaran duke yang mau ngaspal di mari..yang rencananya KTM mau bikin jaringan sendiri pisah dengan bajaj..monggo di cek beritanya..🙂

Dr.Feelgood - 11 Desember 2011

setuju …..

3. cafebiker - 11 Desember 2011

merangsang

Ya2kzzz - 11 Desember 2011

aseeekkk…

4. justmyimage - 11 Desember 2011

salam hangat mas ya2kzzz

justmyimage
artikel yg keereen…
mencermati hal ini menurut hemat sy, bilamana ktm akan hadir di indonesia terpisah dari BAI, untuk masalah dealer2 dan 3S nya mungkin KTM akan membuat strategi sperti DUCATI yg membangun dealer dan 3S di kota2 besar dulu dan karena sudah berkongsi dgn BAI tidak menutup kemungkinan dealer2 BAI yg sudah ada akan perbantukan untuk melebarkan sayap KTM.

5. Ya2kzzz - 11 Desember 2011

salam hangat juga mas..
Kemungkinan juga seperti itu,,brand handal seyogjanya dikelola dengan handal pula..biar tidak merusak image baik..🙂

warung dohc - 11 Desember 2011

duke yg asli, mantab pasti mahal!

6. Ya2kzzz - 12 Desember 2011

wow ada yang KW toh..:mrgreen: semoga harganya masuk akal…#sudah mulai nabung#😀

7. Aris Cell - 14 Desember 2011

Tapi yang perlu dicatat, merk KTM yang berdiri dijamin bakal kurang laku di Indonesia, bakal di kota besar sekalipun. Soalnya image merk KTM sudah dirusak oleh merek lokal/cina yang sama (KTM). Silahkan aja di survey ke masyarakat umum/awam, pasti mereka bilang KTM itu merek cina dengan kualitas KW sekian.

Ya2kzzz - 14 Desember 2011

KTMnya inul ya..sip nice opinion..

8. Semakin Miripnya Next Pulsar 2012 Dengan Duke, Sebagai Sinyalemen Duke 200 Produk Premium?? | mesin4tak - 27 Desember 2011

[…] terakhir, dengan dipisahkannya jaringan KTM dengan Bajaj, dengan mindset orang sini bahwa motor ataupun mobil eropa itu produk unggulan, tentunya bajaj akan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: