jump to navigation

Pulsar 200NS : Strategi Unik dan Cerdas Bajaj.. 31 Januari 2012

Posted by ya2kzzz in ATPM, motor.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

pulsar-200-ns-triple-spark-20.jpg
Pulsar 2012 yang merupakan hasil perkawinan antara bajaj dan KTM akhirnya terlihat juga dan diberi nama pulsar 200NS. Body yang lebih segar dan pemakaian spec mesin 200cc SOHC liquid cooled yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 23 BHP @ 9500 RPM dan torsi sebesar 18.3 Nm @ 8000 RPM, penggunaan 3 Spark Plugs. Hilang sudah rasa penasaran yang selama ini menghampiri, karena spy shoot yang biasa kita lihat semua tertutup bodynya.

Rilisnya next pulsar ini kemarin memang sempat menimbulkan pertanyaan, dimana pada spyshoot tidak dilihat adanya RDB(Rear Disc Brake). Tapi kemungkinan bajaj menjawab kekurangan itu dengan memasang RDB. Menambah fitur yang IMHO wajib dimiliki kendaraan sport.
bajaj-pulsar-2012-2.jpg
Belum lama ini, bajaj yang memegang sebagian besar saham dari KTM juga merilis KTM duke. Yang menjadi pertanyaan saya, bila dilihat dari kubikasi yang diaplikasikan kedua motor ini sama..apa tidak buang2 tenaga menelurkan produk yang sama??ya walaupun tenaga yang dikeluarkan cukup berbeda.

Tapi bila dicermati lebih jauh, menurut saya strategi yang cukup unik tapi cerdas. Kenapa??unik melihat produk dari 1 pabrikan yang sama tetapi merilis produk yang hampir mirip dalam waktu yang tidak terlampau jauh. Tapi tentunya pricing harga antara kedua motor pun kemungkinan terpaut jauh dengan tujuan mengejar segment yang berbeda.
bajaj-pulsar-2012-09-copy.jpg
Saya katakan cerdas karena, kita tahu bahwa KTM adalah perusahaan raksasa otomotif yang bermarkas di austria ini memiliki jaringan yang pasarannya sudah mendunia. Plus performanya yang sudah tidak usah di ragukan lagi di tingkat event balap tingkat dunia juga. Tapi dengan keunggulan tersebut bajaj sepertinya tidak berpangku tangan saja dengan penjualan KTM, tetapi mencoba membawa aura KTM yang sudah mendunia ini ke produksi motornya, tentunya dengan kemasan yang khas india dan tak ketinggalan pricing harga khas bajaj. Strategi yang menurut saya keren karena tidak melupakan produk yang dikemas dan khas dalam negeri toh walaupun misal bajaj tidak mengeluarkan next pulsar, penjualan duke pun bisa diandalkan. Disinyalir pasaran india lebih bagus untuk produk dalam negeri india sendiri seperti bajaj, hero motor corp dll.

Salut dan perlu diacungi jempol buat bajaj india yang tidak melupakan produk dalam negeri sendiri. Kehandalan teknologi KTM yang dikemas dalam body pulsar khas india.

Ok itulah sekelumit dari saya, semoga berguna..

Keep safety dijalan bro…!!!

Posted by Wordmobi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: