jump to navigation

Perbincangan injeksi ala warung pecel 29 November 2011

Posted by ya2kzzz in ATPM, motor.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

pic.jpg
Alkisah terjadi obrolan yang seru antara petani, tukang cukur dan seorang ibu2 penjual pecel. Tukang cukur yang baru pulang dari tempat kerjanya, mampir makan pecel sebelum pulang ke rumahnya. Tak lama kemudian seorang petani datang untuk menikmati sepiring pecel yang bisa dibilang paling terkenal dikampungnya..

Petani(P) :”bu pecel makan sini bu, minumnya kopi sama air putih juga bu”

Penjual pecel(PP) :”wah lancar nih panennya..??”

P :”alhamdulillah bu ya untung lah dikit2..”
Tukang cukur(TC) :”dari mana pak??”

P :”dari rumah saja dek, kebetulan lauk dirumah habis..,jam segini kok sudah pulang dek?”

TC :”iya pak lagi sepi..orang2 masih pendek2 semua kali ya rambutnya.. :mrgreen: wah lancar rejekinya nggak beli motor pak??”

P :”iya dek rencananya mau beli motor lagi, motor yang lama mau di bawa anak saya kerja dikota..,kenapa dek?ada yang jual??dek mari makan..”

TC :” oh iya saya sudah pak.., ya ada pak..temen saya kan kerja didealer.., bapak cari baru apa second??”

P :”yang baru saja deh dek..saya lihat tv kok kelihatannya banyak pilihan..rencananya seh kalau nggak bebek ya matic dek..kira2 apa ya??”
25filn7.jpg
TC :”bapak suka merk apa dulu??honda, yamaha, suzuki, atau kawasaki??

P :”lho kawasaki masih ternak bebek ya..??hahaha…”

TC :”hahaha…bapak bisa saja..ya masih ada pak..”

P :”ta kira sudah nggak jualan bebek dek..sudah jarang lihat soalnya.., saya merk terserah dek pokoknya jepang..”

TC :”yang baru keluar honda pak, Honda Spacy Helm in PGM-FI dan Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI..”

P :”PMG-VI itu apaan dek??”

TC :”lhooo bukan PMG-VI pak!tapi P..G..M..F..I..itu lho pak..injeksi..nggak pakai karburator..”

P :”lho gimana bisa bunyi mesinnya kalau nggak pakai karburator dek..??ada saja kamu dek..”

TC:”lho injeksi itu tadi pak yang nggantiin karburator..”

P :”oohh gitu toh..,terus cara kerjanya bagaimana..??”

TC :”saya nggak tahu detailnya pak, yang jelas semuanya dikendalikan komputer..Kalau nggak salah namanya ECU..jadi perbandingan antara udara dan bensin jadi lebih presisi/pas..bisa lebih ngirit pak bensinnya…”

P :”wahh canggih nih kayaknya saya tertarik nih dek..tapi nanti nggak mahal perawatannya??sama saja bohong donk kalau bensin irit tapi perawatan mahal..”

TC :”lho kata teman saya yang didealer malah tanpa perawatan pak..nggak seperti karbu yang tiap kali servis harus bongkar..”

P :”oh gitu ya dek..dek mau kopi saya traktir deh..saya tertarik nih ngobrolin apa tadi namanya, inveksi..

TC :”injeksi pak..oh iya boleh..saya juga nggak kemana2..”

P :”bu kopinya tambah satu..! Dek injeksi itu baru sekarang ta keluarnya??saya kok baru dengar..”

TC:”sudah lama pak..supra 125 dulu kan sudah ada yang injeksi.., tapi mungkin pemberitaannya nggak segencar sekarang..”

P:” keuntungannya apa saja seh dek?”

TC:” katanya banyak pak, tapi yang saya ngerti masalah pemakaian bahan bakar yang lebih ngirit dan gas buangnya lebih bersahabat sama lingkungan..”

PP:”ini pak kopinya, lho lebih irit mas ya??”

TC:”iya bu..tertarik juga??”

PP:”wah kalau begitu semakin jarang ke POM donk mas?kan lebih irit dampaknya, berarti bensin subsidi bisa dikurangi donk kuotanya..?”

TC:”wah ibu tahu juga kuota BBM bersubsidi..??handal…”

P:”ta kira bisa bikin pecel doank bu…hahaha”

PP :”lho jangan salah, kapan hari pinjem HP anak saya nemu informasi di okezone, katanya tahun kemarin pertamina sudah over kuota BBM bersubsidi..2,5triliun..belum dibayar lagi sama pemerintah…”

P:”wah banyak banget..kok bisa??”

PP:”katanya seh pemerintah belum menetapkan peraturan yang mengatur pemakaian BBM bersusidi..jadi pemakaian BBM bersubsidi nggak terkontrol…tahun ini belum tahu bakal over berapa lagi..nah kalau ditetapkan peraturannya, mobil2 mewah pakai BBM nonsubsidi terus yang BBM subsidi dipakai motor2 yang injek2 ini..otomatis pemakaiannya kan berkurang..”

TC:”menurut saya biarin saja over kuota bu…ujung2nya di korupsi juga..”

PP:”tapi seharusnya kan kita harus positif thinking ke pemerintah mas…”

TC:”tauk lah bu..males ngomongin politik..”
ymjet-fi2.jpg
PP:”oh ya mas saya suka yamaha..ada yang injeksi..??”

TC:”ada vixion bu..hehehe”

PP:”bisa2 rebutan sama anak saya yang pertama mas…yang matic mas..”

TC:”ada bu..mio J injeksi katanya seh mau rilis..kalau yamaha injeksinya namanya YM Jet FI bu..”

P:”lho mio ada yang injeksi toh dek..”

TC:”ada pak..gambarnya sudah nyebar di internet..tapi belum jelas juga kabarnya kayak bagaimana..”

PP:”saya nunggu mio saja deh mas…”

TC:” bapak bagaimana??”

P:”kalu saya spacy saja deh..mio terlalu kecil bentuknya dek..kayaknya nggak pantes.., harganya gimana dek..antara yang inject dan karbu??”

TC:”nggak beda jauh kok pak..punya honda selisih 250rb..sepertinya yamaha juga akan menerapkan strategi yang sama..”

PP:”kalau mio mas..??”

TC :”lha iya bu…paling harganya nggak terpaut jauh juga…tp belum rilis bu..wong bentuknya masih belum tahu kayak bagaimana..”

P:”manteb neh kalau murah..saya kira mahal kan teknologi canggih.., mio nanti kalau rilis harus kayak gini juga neh seharusnya..biar teknologi canggih yang terkesan murah…”

TC:”setuju pak..biar penetrasi pasarnya mudah..”
105503p.jpg
P:”tapi ya gitu dek, saya kok masih ragu2 neh dengan teknologinya..saya malah kok takut rusak, pergantiannya juga bakalan mahal juga kan tentunya..saya ini kan orang desa mas..nggak tau teknologi yang gitu2..”

TC:”iya juga pak ya..seharusnya ATPM sebagai produsen bekerja sama dengan mengedukasi dengan teknologi2 baru ya..biar konsumen paham dan mau beralih ke injeksi..misal mengadakan acara injeksi masuk desa mungkin…atau injeksi goes to campus…pokoknya hal2 yang bebau mengedukasi lah…dan satu lagi SPG dan SPBnya harus mumpuni juga dengan masalah injeksi, biar bisa menjawab kalau2 ada pertanyaan dari calon pembeli…teknologi baru kan seharusnya bikin semua tersenyum baik produsen sebagai penjual, konsumen sebagai pemakainya juga puas dan pemerintah yang mengatur kebijakan juga lega..kan biar sama2 menguntungkan”

P:”setuju banget dek..saya saja ragu dengan teknologi2 baru..takut rusak mas..lha masih buta teknologi..misal sudah tahu saya tertarik banget mas..bisa mengurangi polusi lagi..apalagi kendaraan sudah banyak banget kalau nggak direm sedikit2 gini, rusak dek lapisan ozon kita…nih contohnya saya yang buta teknologi..HP saya nggak ganti2 dari dulu..takut rusak pakai HP bagus2…”

PP:”saya juga setuju saja deh kalau begitu..hehe”

TC:”semoga edukasinya segera terealisasi pak ya…pak saya pamit dulu..mau hujan nih..”

P:”oh iya dek kapan2 dilanjut lagi ngobrolnya..langsung pergi saja dek makan dan minumnya biar saya yang bayar..”

TC:”waduh nggak usah pak terima kasih..”

P:”sudah lah biar saya yang bayar..saya maksa ini..”

TC:”ya sudaah..terima kasih pak ya..”

Berita ataupun info yang disampaikan oleh pemeran merupakan berita sungguhan dari berbagai sumber yang saya baca. Opini2 yang disampaikan oleh pemeran2 merupakan opini pribadi saya. Tapi pemeran2(petani, penjual pecel dan tukang cukur) diatas adalah fiktif dan tidak bermaksud menyinggung berbagai pihak. Saya hanya mencoba menyampaikan pendapat saya mengenai teknologi injeksi dengan mengemasnya layaknya obrolan ringan di warung pecel. Ok itulah sekelumit dari saya..semoga berguna.. 🙂 monggo dishare…barangkali mempunyai pendapat yang lain..

Posted by Wordmobi

Komentar»

1. ridertua - 29 November 2011

Tukang cukurnya bisa jadi mekanik handal….. 🙂

Ya2kzzz - 29 November 2011

nyambi dibengkel kang.. :mrgreen:

2. robert.parno - 29 November 2011

Tukang Cukurnya kalo nglamar kerja di dealer Yamaha, pasti diterima tuh…

Ya2kzzz - 29 November 2011

Lebih suka nyukur rambut.. :mrgreen:

3. Pak Bambang Nunggang Byson - 29 November 2011

mas anda cucok buat skrip sinetron kejar kejaran

Ya2kzzz - 29 November 2011

Hahaha…mboten pantes pak.. 🙂

4. azizyhoree - 29 November 2011

opo mak sude plunger, opo maksude solenoid armateur coba? :mrgreen:

Ya2kzzz - 29 November 2011

Ora ngerti.. :mrgreen:

5. cafebiker - 29 November 2011

dowone..

Ya2kzzz - 29 November 2011

Tunggu ono sing luweh dowo maneh..

6. andhi_125 - 29 November 2011

iki tunggal-e wingi, tukang cukur-e disinyalir blogger sisan :mrgreen:
dialog-e enak disimak nih mas…kalo diseriusi bisa jadi naskah ala sinetron, bener kata PBNJ tuh…
keep posting like this..

Ya2kzzz - 29 November 2011

Penjual pecel juga bloger.. :mrgreen:

7. Ari Semarangan - 29 November 2011

tak moco sek 😀

Ya2kzzz - 29 November 2011

Monggo bro.. 🙂

8. bimo96 - 29 November 2011

hihihihih tukang cukur yang HANDAL ttg otomotif

Ya2kzzz - 29 November 2011
9. agoey - 29 November 2011

hehehe.. mantep pak.. apalagi kalau dibikin komik atau karikatur.. lebih bagus lagi…

GALERI :: LIVERY MONSTER ENERGY KANZEN PESONA

Ya2kzzz - 29 November 2011

nggak bisa nggambar mas.. :mrgreen:

10. Hourex150L - 29 November 2011

wawawa,, warung pecel ngendi iku Mas..?? Kok fasih banget pake istilah-istilah bahasa asing..??

PISS..

Ya2kzzz - 29 November 2011

warung imajiner..tapi bahasan asli.. :mrgreen:

11. password - 29 November 2011

……………….goooooooooo greeeeeeeeeeeeeennnnnnnn………………….

Ya2kzzz - 29 November 2011

siiiiiip…..

12. warungbaksosabar - 29 November 2011

meskipun di warung pecel.. obrolannya cuanggihh.. :mrgreen:

Ya2kzzz - 29 November 2011

Pecel canggih.. :mrgreen:

13. shogun110tromol - 29 November 2011

tkang cukur kok lebih pinter dari aku 😯

Ya2kzzz - 29 November 2011

Hanya perasaan mas saja.. :mrgreen:

shogun110tromol - 2 Desember 2011
14. justmyimage - 2 Desember 2011

salam hangat mas ya2kzzz

justmyimage

biar telat komentQ tp ini artikel hangat terus bt di baca..kereeen..info yg interaktif..

Ya2kzzz - 2 Desember 2011

Salam yang masih hangat juga mas justmyimage.. Nggak apa2 telat..injek lagi anget2nya mas..terima kasih sudah mampir..


Tinggalkan komentar